Jumat, 25 Maret 2016

Kayu Selain Kayu Jati Untuk Bahan Industri

Kayu Selain Kayu Jati Untuk Bahan Industri. Dalam dunia mebel dan furniture kayu adalah bahan utama dalam pembuatan mebel dan furniture namun kabanyakan bahan yang di gunakan menggunakan kayu jati, memang kayu jati mempunyai kualitas kayu nomer satu. Namun apakah anda tau bahwa selain kayu jati ada banyak kayu lainnya yang sangat bagus untuk pembuatan mebel dan furniture kayu. Memang tidak bisa di pungkiri bahwa kayu jati adalah kayu utama dan dalam jajaran kayu mahal namun bahkan kayu ini pun memiliki keterbatasan tersendiri yang berhubungan dengan sifat2 alaminya seperti getah kayu jati yang sangat menyulitkan jika di aplikasikan dengan finishing cat.


Kayu Selain Kayu Jati Untuk Bahan Industri

Kayu Selain Kayu Jati Untuk Bahan Industri


Harga juga menjadi pertimbangan utama dalam pemakaian material kayu lain, untuk pembelian 1 m3 kayu jati kualitas bagus bisa di gunakan untuk membeli kayu lain dengan volume 3 – 4 m3 tergantung jenis kayunya. berbagai jenis kayu yang di pakai sebagai alternatif pengganti jati antara lain adalah :
  • Kayu mahoni
Kayu keras no 2 terpopuler di industri jepara, berwarna kemerahan dengan serat halus dan indah, Harganya tidak terpaut jauh dengan kayu jati karena kayu ini termasuk komoditi eksport utama industri jepara. Terutama untuk produk mebel antik ukiran jepara. bahan ini sangat mudah di gunakan dan kayunya tidak terlalu keras namun kuat.
  • Kayu trembesi
Kayu keras setara dengan jati yang bisa tumbuh dengan diameter yang besar sekali banyak di gunakan untuk pembuatan meja blok tanpa sambungan dan juga untuk pembuatan patung ukiran dengan ukuran skala 1 : 1 atau ukuran yang sebenaranya. kayu ini sangat keras yang cocok untuk pembuatan kontruksi jembatan, bahan untuk tiang rumah dll.
  • Kayu Mangga
Banyak di pakai sebagai pengganti kayu mahoni karena sifatnya yang hampir mirip, Warna kayu putih kekuningan dengan tingkat kekerasan di bawah kayu mahoni. Masalah utama yang kami hadapi dalam penggunaan kayu ini adalah hama kutu kayu dan juga noda biru ( blue stain ), Namun dengan penanganan yang tepat bisa menjadi alternatif yang masuk akal. Dan untuk menjaga dari kutu kayu maka perlu pengobatan yang di lakukan dengan cara di semprot pada bahan yang akan di gunakan
  • Kayu Mindi
Kayu berwarna putih gading dengan tingkat kekerasan di bawah kayu mangga sangat populer di pakai dalam industri mebel dalam ruangan karena mudah di kerjakan dan harga bahan baku yang murah, masalah utama nya adalah kekuatan kurang dan mudah pecah, namun bila di tempatkan dalam ruangan bahan baku ini sangat bagus.
  • Kayu Cemara
Banyak dipakai karena bahan baku yang mudah di dapatkan dan pengerjaan yang cukup mudah.
Ada beberapa jenis kayu lainnya yang bisa di jadikan sebagai kayu pengganti untuk pembuatan mebel di jepara, Pada dasarnya semua pohon buah tropis bisa di jadikan bahan baku pembuatan. Semua dengan keunggulan dan kekurangan nya masing2. Jika anda menghendaki pembuatan mebel dengan bahan baku yang lebih ramah di kantong / harga terjangkau maka kayu alternatif seperti diatas bisa di jadikan pertimbangan untuk di jadikan bahan baku pembuatannya.

Demikianlah penjelasan kami tentang Kayu Selain Kayu Jati Untuk Bahan Industri yang sangat berguna untuk anda bila mau membuat mebel dari Kayu Selain Kayu Jati Untuk Bahan Industri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar